Scroll to Continue Reading
Konsep Penataan Dapur Outdoor Minimalis Cantik Sederhana
Tutup

Konsep Penataan Dapur Outdoor Minimalis Cantik Sederhana

Apakah rumah minimalis Anda memiliki ruang outdoor kecil di bagian belakang rumah? Atau mungkin di bagian depan? Jika ada ruang luar, mari kita gunakan untuk membuat dapur luar ruang portabel!

Memiliki dapur outdoor dapat membantu menghilangkan kebosanan memasak di rumah setiap hari.

INSPIRASI DESAIN DAPUR OUTDOOR MINIMALIS

Ya, Anda sekarang bisa memasak lebih sering daripada membeli barbekyu untuk mengurangi kontak dengan orang lain. Hal ini dilakukan sebagai bentuk menjaga kesehatan keluarga.


Agar kegiatan memasak semakin seru, cobalah suasana baru dengan menciptakan dapur outdoor di rumah minimalis Anda.

Dapur dengan ruangan luar bisa dicapai tidak harus dengan membangunnya secara paten permanen, tetapi hanya dengan memanfaatkan lahan yang sudah ada.

Cara membuat konsep dapur outdoor

Berikut beberapa tips membikin dapur outdoor agar tidak membosankan memasak selama masa karantina di rumah.

1. Siapkan meja dapur portabel

Untuk membuat kinsep dapur outdoor pada rumah minimalis, hal utama yang perlu dilakukan ialah menyiapkan sebuah meja dapur portabel. Saat ini sudah banyak sekali meja dapur portable yang bisa disulap dijadikan meja makan.

Tidak hanya itu, banyak meja dapur portabel juga dilengkapi dengan roda agar mudah untuk dipindahkan. Bahkan beberapa meja di dapur juga sudah dilengkapi wastafel

2. Buatlah daftar makanan yang dimasak di luar ruangan.

Menurut laporan dari The Spurce, para ibu bisa membuat daftar makanan yang akan dimasak di luar terlebih dahulu. Yang Sudah Berhasil Untuk memudahkan Anda dalam melengkapi peralatan masak yang dibutuhkan untuk dapur outdoor.

Berencana memasak hanya makanan yang dipanggang di dapur luar? Atau mungkin Anda ingin memasak menu lain dengan kompor?

Ibu bisa mulai menentukan furnitur mana yang akan digunakan dari daftar makanan. Misalnya, Anda membutuhkan panggangan, gas, listrik, arang, oven, dan kompor.

Juga pertimbangkan jumlah maksimum orang yang makan di restoran. Ini dapat membantu melakukan penyesuaian untuk menambahkan piring dan peralatan makan lainnya.

3. Masih ada sebuah wastafel

Wastafel merupakan bagian penting dari dapur outdoor di rumah minimalis Anda. Tapi Anda tidak harus membuat wastafel permanen, tetapi Anda bisa melakukannya sendiri.

Misalnya, Anda bisa menikmati tetesan air dari pendingin ruangan (AC) di rumah minimalis untuk menampung diri Anda. Selanjutnya, buatlah pipa sehingga menjadi kran untuk wastafel buatan di dapur outdoor.

Wastafel dapur outdoor tentunya penting untuk memudahkan Anda memasak saat membutuhkan air atau tempat untuk mencuci tangan. Selain itu, ibu juga tidak harus datang dan pergi ke rumah hanya untuk mengambil air.

4. Tambahkan rak penyimpanan

Tambahkan rak penyimpanan pada dapur outdoor rumah minimalis Anda. Rak penyimpanan di sini bisa sesederhana meja kosong, panel dinding portabel, atau kotak penyimpanan.

Rak penyimpanan berguna untuk menyimpan semua peralatan masak dan piring Anda agar tidak terlihat berantakan. Ini sangat penting ketika dapur luar berada di bagian depan rumah.

5. Selalu ada atap meskipun di luar

Pastikan dapur outdoor di rumah minimalis Anda masih memiliki atap. Bahkan jika Anda berada di luar, Anda dapat menambahkan tenda di atasnya.


Langit-langit pasti akan membuat Anda merasa nyaman saat memasak. Kita tidak pernah tahu kapan hujan dan sinar matahari langsung dapat membahayakan kesehatan kita.

6. Jauhkan dari cucian pakaian

Jangan memasang dapur luar ruangan di ruang cuci atau di dekat tali jemuran. Asap dari dapur seorang ibu dapat menempel pada pakaian yang dijemur di bawah sinar matahari.

Belum lagi jika tidak sengaja menemukan pakaian bersih dengan bumbu masakan, yang tentunya bisa merusak segalanya.

7. Pastikan dapur dalam ruangan masih berfungsi dengan baik.

Pastikan interior dapur rumah minimalis tetap tampil dengan baik. Karena itu, jangan pindahkan kompor dari dalam rumah ke dapur luar.

Sebelumnya, desain dapur terbuka sudah pernah dibahas pada desain dapur terbuka minimalis.

Nah kali ini kita akan membahas desain dapur outdoor minimalis kebanyakan dapur outdoor atau semi outdoor.

Jika Anda suka memasak makanan dengan cara dibakar atau dipanggang, tentu Anda bisa mempertimbangkan opsi ini.

Ada banyak pilihan makanan Indonesia bakar dan bakar di luar sana, jangan berpikir barbekyu didominasi oleh orang barat, oke?

Anda bisa membuat ikan bakar, kerang bakar (moluska), sate bakar, bahkan pilihan sate ayam, sapi, kambing, dan lainnya.

Admin rumahtopia.com akan mengulas dapur outdoor yang erat kaitannya dengan desain dapur outdoor serta juga inspirasi dapur outdoor minimalis.

Desain dapur outdoor minimalis

Gambar ini menunjukkan tata letak dapur terbuka, tata letak dapur terbuka yang dirancang khusus untuk memasak daripada memasak.

Dapur terbuka minimalis tidak memiliki lemari dapur gantung, tetapi masih memiliki peralatan masak dan wastafel.

Dapur sederhana di belakang rumah

Tata letak dapur terbuka di belakang rumah sederhana, mungkin jika Anda memiliki rumah liburan dan lebih suka memasak di luar.


Dapur outdoor dengan pemandangan taman atau dapur terbuka ini didesain apa adanya, namun tetap memiliki kompor dan peralatan masak.

Dapur terbuka di belakang rumah

Anda memiliki teras sederhana di rumah yang tidak terlalu sempit, lakukan saja dapur outdoor modern atau dapur outdoor minimalis.

Jangan lupa untuk menambahkan tenda dapur terbuka di dapur minimalis agar Anda dan tamu tetap nyaman.

Dapur luar ruangan kecil

Biasanya, developer desainer interior indonesia juga mendesain desain dapur semi outdoor untuk sebuah rumah tipe 36, yang sangat bisa Anda kembangkan untuk ditingkatkan.

Gambar ini telah menunjukkan tata letak dapur terbuka Tipe 36 ataupun tata letak dapur luar ruangan untuk rumah Tipe 36.