Scroll to Continue Reading
Rincian Biaya Bangun Dapur 4x6 Beserta Tips Membangunnya
Tutup

Rincian Biaya Bangun Dapur 4x6 Beserta Tips Membangunnya

Rincian Biaya Bangun Dapur 4x6

Bingung dengan biaya bangun dapur 4x6? Dapur merupakan salah satu bagian yang ada di dalam rumah dengan fungsi yang penting. 

Membangun dapur tidak bisa asal-asalan, mengingat area ini bakal digunakan setiap hari. Desain dapur sebaiknya minimalis namun tidak mengesampingkan fungsionalnya.

Biaya bikin dapur sederhana perlu diperhatikan dengan baik agar tidak membengkak. Selain itu, juga penting untuk menggunakan tukang yang berpengalaman.

Penasaran berapa rincian biayanya? Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Rincian Biaya Bangun Dapur 4x6

Untuk membangun dapur dengan ukuran 4x6 memnag membutuhkan biaya yang lumayan tinggi. Namun, dengan perhitungan yang tepat, hasilnya akan memuaskan.

  • Tukang Bangunan: Rp100.000/orang untuk 2 x 6 hari = Rp1.200.000
  • Cat: Rp600.000
  • Keramik Dinding: Rp400.000
  • Granit Meja: Rp500.000 x 2 = Rp1.000.000
  • Kawat: Rp40.000
  • Pelapis Meja: Rp50.000
  • Besi 8: Rp40.000 x 2 = Rp80.000
  • Pasir: Rp400.000
  • Semen: Rp50.000/sak x 2 = Rp100.000
  • Batu Bata: Rp1.000 x 50= Rp50.000
  • Bata Tempel: Rp125.000/dus x 2 = Rp250.000
  • Nat Khusus Hitam: Rp20.000
  • Bak Cuci (Wastafel): Rp400.000

Tips Membangun Dapur yang Minimalis

Pada dasarnya, ukuran dapur tidak harus terlalu besar. Selama mampu menempatkan perbotan dengan rapi, hasilnya pasti akan lebih memuaskan. Berikut ini beberapa tips yang perlu diperhatikan ketika membangun dapur.

1. Gunakan Warna yang Sesuai

Pemilihan warna yang tepat memang sangat penting. Pasalnya, kesalahan dalam memilih warna dapat menyebabkan ruang dapur terasa lebih sempit.

Untuk memberikan suasana yang lebih menyenangkan, bisa menggunakan warna yang cerah dengan palet warna yang netral. Bisa juga dikombinasikan dengan warna perbaotannya.

2. Tambahkan Ruang Penyimpanan Multifungsi

Jika memiliki ruang dapur yang sempit, manfaatkan ruang penyimpanan multifungsi. Tempatkan di bagian atas ataupun bawah untuk menyimpan berbagai perabotan agar tidak berantakan.

Ruang penyimpanan multifungsi yang dimaksud adalah lemari kabinet. Pastikan memiliki kualitas yang bagus agar bisa tahan lebih lama.

3. Manfaatkan Dekorasi Tambahan

Untuk memberikan kesan yang bersih, tambahkan beberapa dekorasi seperti vas bunga atau yang lainnya. Dengan adanya dekorasi, ruang dapur akan terasa lebih nyaman, terhindar dari anggapan kotor.

Akan tetapi, tidak perlu menambahkan terlalu banyak dekorasi. Secukupnya saja agar fungsi dapur tetap pada asalnya.

4. Jangan Terlalu Banyak Membeli Perabotan

Agar dapur tidak berantakan, hindari untuk membeli terlalu banyak perabotan. Karena pada dasarnya, hanya beberapa perabotan saja yang nantinya bakal sering digunakan.

Beli perabotan secukupnya namun berkualitas. Hal ini akan membuat perabotan lebih awet dan bisa digunakan dengan jangka waktu yang lebih lama.

5. Tambahkan Sirkulasi Udara

Ketika membangun sebuah dapur, lebih baik menambahkan sirkulasi udara yang baik. Tempatkan didekat kompor agar asap bisa dengan mudah keluar.

Saat ini, ada banyak model sirkulasi udara yang dapat diaplikasikan ke dapur. Sesuaikan dengan desain dapur yang akan dibangun.

6. Rancang Jalur Pembuangan Air dengan Baik

Salah satu masalah yang sering terjadi di dapur adalah pipa pembuangan air yang macet. Untuk itu, rancang jalur pembuangan air dengan baik untuk mengantisipasi masalah tersebut.

Tempatkan pipa di area yang lebih mudah dijangkau. Agar terlihat lebih rapi, tutupi pipa dengan bahan lain dengan baik.

Demikian informasi mengenai biaya bangun dapur 4x6 yang bisa dibagikan. Informasi ini bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin membangun dapur yang minimalis dan modern.