Scroll to Continue Reading
Rincian Biaya Bangun Rumah 2 Lantai Type 70 Terbaik
Tutup

Rincian Biaya Bangun Rumah 2 Lantai Type 70 Terbaik

Rincian Biaya Bangun Rumah 2 Lantai Type 70 Terbaik

Ingin bangun rumah 2 lantai type 70, tapi tidak paham dengan biayanya? Membangun rumah 2 lantai memang membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. 

Karena nantinya pembangunan tidak hanya di lantai 1 saja, melainkan di lantai 2 dengan berbagai fasilitas yang harus dibangun.

Agar pembangunan berjalan dengan baik, Anda harus mempersiapkan perencanaan yang matang. Mulai dari desain rumah, pembiayaan hingga pengerjaan nantinya.

Jika perencanaanya kurang matang, ada kemungkinan pembangunan tersendat atau bahkan melebihi batas anggaran yang sudah disediakan.

Daripada penasaran, mari kita bahas rincian biaya bangun rumah 2 lantai type 70 dari mulai tanah hingga biaya arsitek.

Biaya Bangun Rumah 2 Lantai Type 70

Dalam pembangunan rumah 2 lantai type 70 ini, setidaknya ada 3 jenis biaya yang harus Anda siapkan, yakni:

1. Biaya Tanah

Luas tanah yang paling umum digunakan untuk rumah tipe 70 adalah sekitar 120 m2, yang dianggap sebagai luas yang ideal. 

Namun, sebelum memulai perhitungan biaya, Anda perlu melakukan riset harga tanah di daerah dimana rumah And akan dibangun.

Misalkan, Anda menemukan harga tanah sekitar Rp2.500.000 per meter persegi. Untuk menghitung biaya pembelian tanah, cukup kalikan luas tanah dengan harga per meter persegi, yaitu 120 x Rp2.500.000 = Rp300.000.000.

Perlu diingat, semakin strategis lokasi tanah yang Anda pilih, semakin tinggi harga jualnya. Jika anggaran Anda terbatas, pertimbangkan untuk mencari lokasi dengan harga tanah yang lebih terjangkau.

2. Estimasi Biaya Bangunan

Ada beberapa cara untuk menentukan estimasi biaya membangun rumah tipe 70, salah satunya adalah dengan menentukan jasa pembangunannya. 

Sistem borongan adalah pilihan yang umum digunakan, dengan biaya berkisar antara Rp2.500.000 hingga Rp5.000.000 per meter persegi.

Sebagai contoh, jika Anda mengasumsikan biaya per meter persegi sebesar Rp4.000.000, maka biaya pembangunan rumah tipe 70 akan menjadi 70 x Rp4.000.000 = Rp280.000.000. 

Perlu diingat bahwa ini adalah perkiraan kasar, dan biaya akhirnya dapat disesuaikan dalam negosiasi dengan kontraktor Anda.

Biasanya, kontraktor akan menyusun rincian biaya pembangunan melalui Rancangan Anggaran Biaya (RAB) yang akan mereka berikan kepada Anda.

3. Biaya Jasa Arsitek

Jika Anda ingin rumah Anda memiliki desain yang menarik, Anda mungkin perlu menggunakan jasa seorang arsitek. Umumnya, biaya jasa arsitek berkisar antara Rp10 juta hingga Rp50 juta.

Biaya jasa arsitek ini sangat dipengaruhi luas rumah yang akan dibangun. Semakin luas rumah yang Anda inginkan, tentu harganya akan semakin mahal.

Pastikan Anda mampu membuat perencanaan dengan baik. Dengan begitu, bisa menggetahui rincian biaya yang harus disiapkan.

Pembangunan rumah 2 lantai type 70 yang Anda inginkan bakal terwujud dengan hasil yang maksimal. Rumah 2 lantai memang memiliki lebih banyak keuntungan, salah satunya soal privasi. Anda akan lebih nyaman keitka memiliki rumah yang memiliki 2 lantai. 

Kesimpulannya, biaya bangun rumah 2 lantai type 70 membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Apalagi jika sebelumnya belum memiliki tanah, Anda harus menyiapkan uang lebih untuk memulai proses pembangunan.

Selain biaya di atas, sebaiknya Anda menyiapkan anggaran cadangan yang cukup. Anggaran ini digunakan untuk berbagai keperluan mendesak. Misalnya untuk membuat pengairan tambahan, atau membuat taman kecil di depan rumah yang sebelumnya belum masuk ke perencanaan.

Pilih kontraktor yang berpengalaman agar rumah yang Anda bangun dikerjakan secara maksimal. Sebaiknya menggunakan kontraktor yang sudah memiliki badan hukum resmi.