Scroll to Continue Reading
Rincian Biaya Bangun Rumah 3 Kamar Lengkap dengan Bahan Materialnya
Tutup

Rincian Biaya Bangun Rumah 3 Kamar Lengkap dengan Bahan Materialnya

Rincian Biaya Bangun Rumah 3 Kamar Lengkap dengan Bahan Materialnya

Untuk bangun rumah 3 kamar membutuhkan persiapan dan perencanaan yang matang. Dibutuhkan anggaran yang tidak sedikit dan tentunya wakut yang tidak sebentar untuk membangunnya.

Jika Anda ingin membangun rumah dengan 3 kamar di dalamnya, lebih baik untuk menyiapkan semuanya sejak awal. Karena bisa dipastikan, biaya yang harus dikeluarkan lumayan banyak.

Rumah dengan 3 kamar mampu memberikan kenyamanan tersendiri bagi penghuninya. Apalagi jika sudah memiliki anak, ini akan sangat diperlukan.

Rincian Biaya Bangun Rumah 3 Kamar

Untuk membangun rumah dengan 3 kamar di dalamnya, membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Berikut ini rincian biaya yang bisa Anda jadikan referensi.

1. Biaya Semen

Semen adalah bahan utama dalam konstruksi rumah Anda. Oleh karena itu, Anda perlu memperhitungkan dengan baik biaya yang diperlukan untuk membeli semen. 

Saat ini, harga semen per sak dengan volume 50 kg berkisar antara Rp50-55rb. Anda bisa memilih semen sesuai dengan budget yang dimiliki.

2. Batu Bata Merah

Kemudian, Anda juga perlu merinci kebutuhan batu bata merah dalam proses pembangunan. Harga batu bata merah biasa per batangnya sekitar Rp800 perak per batang. 

Sementara itu, batu bata merah oven dihargai Rp900 perak per batang. Batu bata merah adalah bahan yang umum digunakan dalam konstruksi rumah.

3. Pasir

Pasir digunakan sebagai campuran dengan semen, sehingga Anda perlu mengestimasi biaya material pasir. 

Untuk harga material pasir berada di kisaran Rp200 ribu per meter kubik. Anda bisa berdiskusi dengan tukang bangunan untuk menghitung kebutuhan pasirnya.

4. Batu Kali

Jika Anda ingin menggunakan batu kali dalam proyek konstruksi rumah Anda, harga standar untuk batu kali adalah Rp1,4 juta per meter kubik. 

Agar bisa mendapatkan harga yang lebih murah, Anda bisa membeli batu di pencari batu langsung. Meski di kota besar hal ini akan sulit untuk dilakukan.

5. Besi atau Baja Ringan

Konstruksi rumah minimalis 3 kamar memerlukan material besi atau baja ringan untuk fondasi. Ini akan membuat rumah Anda kokoh dan kuat. 

Harga besi biasanya berkisar Rp166 ribu per batang dengan ukuran 15,8 mm, sementara harga baja ringan biasanya Rp98 ribu per batang.

6. Kayu

Kayu menjadi salah satu material yang penting dalam proses pembangunan rumah Anda. Ada berbagai jenis kayu yang biasanya digunakan, mulai dari kayu kelapa, kayu kamper atau yang lainnya.

Harga standar material kayu berkisar antara Rp75 hingga Rp100 ribu per meter. Anda bisa membeli langsung ke tukang kayu agar harganya lebih murah.

7. Material Paku

Material paku ini juga tidak kalah penting, dalam kondisi tertentu ini akan sangat diperlukan.

Untuk biaya paku, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Harga paku sekitar Rp13,5 ribu per kilogram dengan ukuran 7 cm.

8. Material Atap Rumah

Pertimbangkan juga jenis atap rumah yang akan Anda gunakan, apakah genteng tanah liat atau seng. Keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan, khususnya dalam hal harga.

Harga genteng tanah liat biasanya sekitar Rp1,8 ribu per batang, sementara seng dapat dibeli seharga Rp50 hingga Rp100 ribu per batang.

9. Biaya Jasa Tukang Bangunan

Biaya terkahir digunakan untuk membayar tukang bangunan. Misalnya, jika Anda memilih menggunakan sistem jasa tukang bangunan harian dengan 3 orang tukang bangunan, biaya per harinya adalah Rp100 ribu. Dalam 30 hari, biaya totalnya mencapai Rp9 juta.

Dengan perencanaan yang matang dan penghitungan biaya yang tepat, Anda dapat membangun rumah minimalis 3 kamar impian Anda sesuai anggaran. Semoga artikel ini membantu Anda dalam merencanakan proyek konstruksi rumah Anda.