Scroll to Continue Reading
Rincian Biaya Bangun Rumah Ukuran 9x10 Meter Beserta Pembelian Tanah
Tutup

Rincian Biaya Bangun Rumah Ukuran 9x10 Meter Beserta Pembelian Tanah

Rincian Biaya Bangun Rumah Ukuran 9x10 Meter

Sebelum memulai membangun, rincian biaya bangun rumah ukuran 9x10 harus diperhatikan dengan baik. Hal ini penting agar bisa menyiapkan anggaran sesuai dengan kebutuhan.

Anda bisa menghitung biaya bangun rumah sendiri atau dengan bantuan konsultan. Keuntungan jika menggunakan jasa konsultan, Anda tidak perlu pusing dengan penyusunan RABnya.

Salah satu metode yang sering digunakan ketika membangun rumah adalah metode per meter. Perhitungan dengan metode ini terbilang lebih simpel, karena akan dihitung per meter persegi, baru dikalikan dengan luas rumah yang diinginkan.

Dengan metode ini, biaya sudah termasuk material, upah tukang, dan yang lainnya. Untuk biaya bangun rumah per meter sendiri berbeda-beda di setiap daerah.

Biaya Bangun Rumah Ukuran 9x10

Perkiraan biaya bangun rumah ukuran 9x10 memang harus diperhatikan dengan baik. Tujuannya agar pembangunan sesuai dengan anggaran. Berikut ini perkiraan biaya buat rumah ukuran 9x10.

1. Pembelian Lahan

Sebelum membangun rumah, Anda harus menyiapkan lahan terlebih dahulu. Khususnya bagi yang belum memiliki lahan, ini akan menjadi referensi.

Untuk membangun rumah dengan ukuran 9x10, membutuhkan lahan sekitar 117 m2. Kita asumsikan harga tanag per meter persegi adalah Rp2 juta. 

Jadi untuk membeli tanah seluas 117 m2, membutuhkan biaya Rp2 juta x 117 m2= Rp234.000.000. Di setiap daerah, harga tanahnya berbeda-beda.

Namun Anda dapat menyesuaikan luas lahan yang dibeli. Karena dengan luas 117 m2 ini, sudah termasuk untuk area parkir, taman dan sebagainya.

2. Pembangunan Rumah

Setelah memiliki lahan, anggaran selanjutnya digunakan untuk pembangunan rumah. Dalam hal ini, akan menggunakan metode per meter saja agar lebih mudah.

Agar biayanya lebih murah, serahkan saja ke pemborong yang sudah terpercaya. Anda bisa negosiasi untuk biaya bangun rumah per meter dengan pemborongnya.

Sebagai gambaran, biaya bangun rumah per meter sendiri berada di kisaran Rp2,5 juta. Tentu, disetiap daerah memiliki biaya yang berbeda-beda.

Dengan biaya Rp2,5 juta per meter persegi, dan luas bangunan 9x10 atau 90 m2, maka biaya yang dibutuhkan adallah Rp2,5 juta x 90 adalah Rp. 225 juta

Biaya tersebut sudah termasuk finishing, sehingga Anda tinggal terima jadi saja. Pastikan Anda selalu memberikan pengawasan agar pemborong bekerja dengan baik.

3. Biaya Lainnya

Ketika membangun rumah, sebaiknya menyediakan anggaran cadangan sebagai antisipasi hal-hal yang belum masuk pada rencana. Misalnya jika Anda ingin menambahkan kanopi untuk menutupi bagian area parkir, atau ingin membuat kolam kecil untuk ikan, itu masuk ke biaya lainnya.

Rumah dengan ukuran 9x10 ini termasuk besar, akan ada banyak ruang yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Untuk itu, biaya lainnya ini sangat dibutuhkan. Anda bisa menyiapkan anggaran ini minimal Rp20 jutaan.

Tips Membangun Rumah Metode Per Meter

Membangun rumah dengan metode per meter ini memang memiliki banyak kelebihan. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan baik.

Pertama, tentukan pemborong yang terpercaya. Jika menggunakan metode per meter, memang akan lebih baik jika menyerahkan kepada pemborong.

Dengan pengalaman yang mereka miliki, tentu sebagai pemilik rumah akan lebih tenang. Biasanya, biaya yang diperlukan juga lebih sedikir.

Kedua, lakukan pengawasan secara rutin. Tujuannya agar para pekerja dapat bekerja sesuai dengan ketentuan. Sebagai pemilik rumah, tentu tidak ingin pembangunan rumah dikerjakan secara asal-asalan.

Itulah informasi mengenai biaya bangun rumah ukuran 9x10 dengan rincian biaya yang lengkap. Anda bisa memulai pembangunan ini setelah menyusun rencana secara matang.