Scroll to Continue Reading
Berapa Estimasi Biaya Bangun Rumah 2 Lantai Ukuran 6x10?
Tutup

Berapa Estimasi Biaya Bangun Rumah 2 Lantai Ukuran 6x10?

Bangun Rumah 2 Lantai Ukuran 6x10

Berapa biaya bangun rumah 2 lantai ukuran 6x10? Pertanyaan tersebut mungkin ada di benak Anda. Untuk membangun rumah dengan 2 lantai memang menbutuhkan biaya yang besar.

Akan tetapi, Anda akan lebih hemat soal lahan yang digunakan untuk pembangunan. Selain itu, ruangan yang akan dibangun juga lebih banyak.

Lantas, apakah bangun rumah 2 lantai 100 juta memungkinkan? Mari kita bahas apakah cukup dengan anggaran tersebut untuk membangun rumah yang memiliki 2 lantai.

Estimasi Biaya Bangun Rumah 2 Lantai Ukuran 6x10

Untuk membangun rumah dengan ukuran 6x10 dengan 2 lantai, setidaknya Anda perlu menyiapkan lahan seluas 6 x12. Dengan lahan seluas itu, bangunan rumah Anda akan jauh lebih terasa nyaman.

Setelah itu, Anda dapat membagi ukuran untuk bagian bawah bisa berukuran 6x10, sementara bagian atas 6x9 meter. Anda dapat menyesuaikan sendiri perhitungannya. 

Jika menggunakan perhitungan di atas, maka estimasi biayanya dapat dihitung seperti ini:
  • Lantai bawah nemiliki luas 6 x 10 m = 60 m²
  • Lantai atas memiliki luas 6 x 9 m = 54 m²
  • Luas total = 114 m²
  • Biaya bangun per meternya sebesar Rp6.000.000,-
Anggaran untuk bangun rumah 2 lantai ukuran tanah 6×10 meter dan luas bangunan 114 meter persegi adalah 114 m² x Rp5.000.000 = Rp570.000.000,-

Maka, estimasi biaya untuk membangun rumah 2 lantai dengan ukuran 6x10 dengan luas bangunan 114 meter persegi adalah 114 m² x Rp6.000.000 = Rp684.000.000,-

Kenapa Menggunakan Sistem Bangun Per Meter?

Sistem bangun per meter atau bisa diartikan juga dengan sistem borongan ini memang memiliki keuntungan tersendiri. 

Cocok banget untuk Anda yang tidak ingin pusing dengan pemilihan material dan sebagainya. Karena dengan sistem borongan, pihak pemborong yang akan mengurus semua itu.

Anda hanya perlu menyiapkan anggaran, nantinya pemborong akan menyiapkan sendiri material, tukang dan pengerjaannya.

Dengan sistem ini, proses pengerjaannya akan jauh lebih cepat dibandingkan dengan sistem harian. Akan tetapi, Anda harus melakukan pengawasan rutin agar pemborong bekerja sesuai dengan kesepakatan.

Keuntungan Memiliki Rumah 2 Lantai

Rumah 2 lantai terlihat mewah dibandingkan rumah dengan 1 lantai. Terlepas dari hal itu, ada beberapa keuntungan jika Anda memiliki rumah dengan 2 lantai, diantaranya:

1. Biaya Lebih Terjangkau

Banyak yang tidak menyadari bahwa membangun rumah 2 lantai ternyata lebih terjangkau dibandingkan rumah 1 lantai. 

Sebagai contoh, rumah satu lantai membutuhkan anggaran Rp130 juta, sedangkan rumah 2 lantai hanya Rp200 juta. 

Jika dibandingkan langsung, memang nominalnya lebih besar rumah 2 lantai. Namun rumah 2 lantai ini memiliki ruangan yang lebih banyak.

2. Lebih Banyak Ruang

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, rumah 2 lantai memiliki ruangan yang lebih banyak. Hal ini akan membuat Anda merasa rumah yang ditempati lebih luas.

Dengan lahan yang relatif kecil, Anda dapat memiliki rumah yang luas dan tentunya nyaman. Anda bisa menempatkan ruangan-ruangan penting di lantai atas maupun bawah.

3. Privasi Lebih Terjaga

Jika Anda ingin lebih menjaga privasi, cobalah untuk membangun rumah 2 lantai. Anda bisa menempatkan kamar utama di bagian atas, sehingga tidak mudah untuk dilihat oleh orang lain.

Itulah informasi mengenai estimasi biaya bangun rumah 2 lantai ukuran 6x10. Anda dapat membangun rumah ini dengan bahan material terbaik agar bangunan lebih kuat.