Scroll to Continue Reading
Rincian Biaya Bangun Kos 4 Kamar Lengkap
Tutup

Rincian Biaya Bangun Kos 4 Kamar Lengkap

Rincian Biaya Bangun Kos 4 Kamar Lengkap 2023

Ingin bangun kos 4 kamar tapi bingung dengan biayanya? Bisnis kos memang bisa dikatakan sangat menguntungkan, asalkan dapat memilih lokasi yang tepat.

Salah satu yang harus diperhatikan ketika memulai pembangunan adalah desain kos kosan. Karena desain ini akan sangat berpengaruh terhadap biaya yang harus Anda keluarkan.

Perhatikan dengan baik setiap pembangunannya agar biaya tidak melebihi anggaran. Saat ini, banyak pemborong yang menawarkan jasa membangun kos-kosan dengan biaya yang relatif terjangkau.

Penasaran dengan biayanya? Mari kita bahas selengkapnya di artikel ini.

Keuntungan Membangun Kos

Sebelum ke pembahasan inti, kita pahami dahulu apa keuntungan membangun kos-kosan. Bisnis ini memang tetap eksis hingga saat ini mengingat peminatnya yang tinggi.

1. Bisa Untuk Jangka Panjang

Kos-kosan yang telah Anda bangun dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Sehingga bisnis ini bisa Anda gunakan jangka panjang.

Paling, Anda membutuhkan biaya untuk perawatan dan operasional saja. Selebihnya pemasukan dari kos-kosan tersebut menjadi keuntungan bagi Anda.

2. Sebagai Passive Income

Jika ingin menambah penghasilan di luar gaji utama, Anda bisa mencoba membangun kos-kosan. Coba untuk bangun kos-kosan 5 kamar terlebih dahulu.

Setelah banyak peminat, Anda bisa membangun dengan jumlah kamar yang lebih banyak.

3. Banyak Peminat

Lokasi kos-kosan memang sangat berpengaruh terhadap minat konsumen. Jika lokasinya berada di dekat kampus, atau di dekat pabrik, sudah dipastikan akan ramai peminat.

Satu hal yang terpenting adalah soal pelayanan kepada konsumen. Berikan pelayanan terbaik agar mereka nyaman.

Masih banyak keuntungan yang dapat Anda rasakan ketika membangun kos-kosan. Tidak masalah jika hanya bangun kos 4 kamar, itu sudah sangat cukup untuk tahap awal.

Rincian Biaya Bangun Kos 4 Kamar

Dalam membangun sebuah kos-kosan, Anda membutuhkan biaya untuk beberapa kebutuhan seperti pembelian tanah, pembangunan dan sebagainya. Berikut ini rinciannya.

1.Pembelian Tanah

Dalam membangun sebuah kos-kosan, Anda membutuhkan tanah yang bakal digunakan untuk pembangunan. Harga tanah di setiap daerah tentu berbeda-beda, tergantung lokasinya.

Anggap saja, Anda mendapatkan tanah seharga 2 juta per meter persegi. Dan Anda membutuhkan tanah sekitar 60 meter persegi, maka dibutuhkan biaya Rp120 juta untuk membeli tanah.

2. Pembangunan

Biaya selanjutnya digunakan untuk pembangunan kos-kosan 4 kamar itu sendiri. Agar hitungannya lebih simpel, Anda bisa menggunakan sistem borongan.

Lakukan negosiasi bersama pemborong untuk menentukan biaya pembangunan kosnya. Kita anggap saja, biaya untuk 1 kamar kos adalah Rp20 juta.

Maka untuk membangun kos 4 kamar membutuhkan Rp80 juta.

Hitungan tersebut mungkin akan sedikit berbeda di lapangan. Maka Anda perlu menyiapkan anggaran cadangan untuk mengatasi hal itu.

Total Biaya Bangun Kos 4 Kamar

Jadi, untuk membangun kos dengan 4 kamar membutuhkan biaya Rp120 juta untuk tanah ditambah Rp80 juta untuk pembangunan.

Totalnya Rp120 juta + Rp80 juta = Rp200 juta.

Biaya tersebut tentu belum termasuk perabotan yang akan menjadi fasilitas bagi para penyewa kos Anda. Semua ini tergantung kebijakan dari Anda selaku pemilik kosnya.

Perhitungkan dengan baik agar harga sewa kos dapat disesuaikan dengan fasilitas yang ada.

Itulah rincian biaya bangun kos 4 kamar yang bisa dibagikan. Semoga membantu Anda dalam mencari referensi sebelum membangun kos-kosan impian Anda.

Dalam proses pembanguannya, selalu gunakan material terbaik dan juga pemborong yang berpengalaman. Tujuannya agar kos-kosan yang dibangun dapat berdiri kokoh dan nyaman digunakan.